Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Segera Minta Talangan

Kompas.com - 28/09/2012, 05:13 WIB

MADRID, Kamis - Pemerintah Spanyol mengumumkan pemangkasan anggaran baru untuk tahun anggaran 2013, di Madrid, Kamis (27/9). Banyak pihak yang memperkirakan Spanyol tidak bisa lagi menunda meminta dana talangan secara penuh.

Pemerintah Spanyol akan memangkas anggaran dan meningkatkan pendapatan pajak untuk menghemat 39 miliar euro. Langkah ini akan menambah beban penduduk, yang sebagian turun ke jalan tiga hari lalu di Madrid.

Rancangan anggaran ini akan diikuti dengan pengumuman hasil audit perbankan pada Jumat ini. Para pelaku pasar beranggapan bahwa ini merupakan langkah terakhir sebelum Spanyol secara resmi meminta dana talangan penuh.

Pemerintahan Perdana Menteri Mariano Rajoy sebelumnya meminta dana talangan sebesar 100 miliar euro untuk perbankan. Jika kabinet Spanyol menyetujui rancangan anggaran reformasi seperti yang diminta Dana Moneter Internasional (IMF) dan Uni Eropa ini, asumsi Spanyol akan minta talangan penuh semakin kuat.

Begitu Spanyol secara formal meminta dana talangan, negara itu otomatis masuk ke dalam program pembelian obligasi yang dilakukan oleh Bank Sentral Eropa (ECB).

Pada Kamis, daerah otonomi Spanyol, Castilla-La Mancha, meminta dana talangan pemerintah pusat 848 juta euro. Empat daerah otonomi yang lebih dulu meminta dana talangan adalah Andalucia, Catalonia, Valencia, dan Murcia, dengan total 15 miliar euro. Pemerintah pusat menyediakan dana talangan sebesar 18 miliar euro.

Jual perusahaan

Lembaga privatisasi Yunani pada Kamis membuka tender internasional untuk menjual 33 persen saham perusahaan lotre OPAP. Penawaran akan dibuka hingga 19 Oktober. ”Proses privatisasi akan dilaksanakan dengan transparan, cepat, dan efisien,” demikian pernyataan CEO OPAP Yiannis Emiris.

Pada awalnya, pemerintah hanya akan menjual 29 persen saham perusahaan lotre tersebut. Yunani berada dalam tekanan Uni Eropa, IMF, dan ECB untuk melego asetnya dengan target 19 miliar euro hingga 2015. Penjualan aset ini adalah persyaratan pemberian dana talangan kepada Yunani.

Program privatisasi ini bertujuan menarik dana investasi baru dan membuka pasar Yunani terhadap persaingan bebas. CEO OPAP mundur dari jabatannya musim panas lalu karena merasa privatisasi tertunda-tunda dan pemerintah kurang mendukung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com