Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Mona Lisa Muda Dipamerkan

Kompas.com - 28/09/2012, 01:36 WIB

JENEWA, KOMPAS.com--Lukisan yang menampilkan figur karya Leonardo da Vinci, Mona Lisa, yang lebih muda dipamerkan di Jenewa pada Kamis. Kabar beredar, ini adalah versi asli lukisan Mona Lisa.

Yayasan Mona Lisa yang berbasis di Swiss sekaligus penyelenggara pameran, mengungkapkan pada Rabu, detil penelitian yang telah dilakukan lebih dari tiga tahun mengindikasikan lukisan ini merupakan figur awal dari lukisan "perempuan dengan senyum mistis" karya pelukis jenius Italia tersebut.

"Kami telah menginvestigasi lukisan ini dari setiap sudut yang relevan dan akumulasi informasi yang kami kumpulkan menunjukkan ini adalah versi awal "Giaconda" yang ada di Louvre," ungkap salah satu anggota Yayasan dan sejarawan seni Stanley Feldman, seperti dikutip dari Reuters.

Di Italia dan Prancis, lukisan yang dikenal sebagai Mona Lisa karya Leonardo, disebut "La Giaconda" atau "La Joconde", yang menggambarkan figus Lisa Gherardini, istri Francesco del Giacondo, bangsawan Italia pada awal abad ke-16.

Del Giacondo meminta secara khusus kepada Leonardo untuk melukis istrinya, namun Leonardo tidak pernah memberi lukisan tersebut kepadanya.

Lukisan yang dipamerkan di hadapan para ahli dan media di Jenewa tersebut menunjukkan figur seorang wanita pada awal usia 20 tahun dengan pose sama dan tatapan misterius yang sama dengan yang ada di Louvre, sementara lukisan yang berada di Louvre menggambarkan figus wanita berusia 30-an.

Feldman dan saudaranya David, yang telah lama berkecimpung di dunia seni, mengungkapkan mereka memiliki bukti-bukti historis, perbandingan kritis, dan pembuktian ilmiah yang menggunakan teknik paling modern untuk mendukung pendapat mereka.

Pendapat keduanya kemudian dengan hati-hati didukung oleh spesialis lukisan Leonardo, Alessandro Vezzosi, yang juga merupakan salah satu anggota yayasan dan ahli seni Amerika Serikat Carlo Pedretti.

Jika pendapat Feldman ini terbukti, maka akan menimbulkan sensasi besar dalam dunia seni.

Namun ahli seni lainnya, pemahat, arsitek, dan desainer yang mengikuti karya Leonardo mulai akhir abad ke-15 hingga kematiannya di Loire, Prancis pada 1519 di usia 67 tahun, skeptis.

Dalam sebuah buku mewah berisi 300 halaman yang akan diterbitkan yayasan pada Kamis, Vezzosi, Direktur Museum Leonardo di Italia mengungkapkan akan terus menerima kritik agar tetap berpikiran terbuka.

Dalam buku yang berjudul "Mona Lisa-Versi Awal Karya Leonardo" Vezzosi menulis, "Akan menerima penilaian lain terhadap klaim kami yang menyatakan lukisan ini merupakan figur Mona Lisa, yang lebih muda daripada yang ditampilkan di Louvre."

Dalam sebuah komentar yang dimuat salah satu harian London, seorang profesor dari Universitas Oxford, Martin Kemp berargumen bahwa lukisan yang dipamerkan di Jenewa mungkin merupakan tiruan yang dilukis oleh pelukis tak tidak diketahui, yang memilih untuk melukis subjek lebih muda.

"Pendapat mereka salah," tutur Kemp.

Menurut Kemp, faktanya lukisan tersebut dilukis di atas kanvas, bukan kayu, seperti yang selalu Leonardo lakukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com