Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pondokan Haji Mekkah Setara Hotel Bintang Tiga

Kompas.com - 27/09/2012, 18:53 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

MEKKAH, KOMPAS.com — Empat gedung berlantai 14 yang pada tahun ini disewa menjadi pondokan haji Indonesia di Jirand Al-Taiseer, Mekkah, sekelas hotel bintang tiga. Lokasi itu terletak satu kilometer sebelah barat Masjidil Haram.

"Al Tayseer Tower Hotel ini beberapa kali mendapat penghargaan sebagai hotel terbaik berbintang tiga," kata Mahadi, pengelola, ketika sejumlah wartawan Indonesia meninjau lobi hotel milik Saleh Jamil Malaika itu, Kamis (27/9/2012).

Kesan mewah hotel di menara A, B, C dan D itu tecermin dari seluruh ruangan di lantai dasar yang dikosongkan kemudian dilengkapi dengan kursi dan meja tamu yang berfungsi sebagai lobi. Setiap kamar yang berkapasitas empat, lima, dan enam tempat tidur dilengkapi pesawat televisi.

Sebanyak 22.000 calon haji Indonesia akan menempati pondokan Al-Taiseer yang tahun ini, menurut sejumlah petugas pemeriksa awal, tergolong yang terbaik dari seluruh pondokan yang ada di Mekkah.

Berbagai pengumuman seperti pelarangan memasak di kamar dan mencorat-coret tembok telah terpasang di sejumlah lokasi gedung.

Bendera Merah Putih pun telah dipasang di depan gedung dan dengan ukuran lebih kecil di dekat pintu lift di empat menara. Bagian atas empat menara itu dihubungkan dengan jembatan dan di lantai bawah tanah tersedia restoran masakan Indonesia Al-Barokah yang menjual antara lain sop buntut, sate ayam, bakso, dan nasi rames.

"Berkah sekali jemaah haji yang mendapatkan pondokan ini," ujar seorang petugas dari Sektor 6 Daerah Kerja Mekkah Kementerian Agama.

Ratusan gedung, yang kondisinya bervariasi, disewa pihak penyelenggara haji Indonesia di Mekkah untuk menampung 211.000 jemaah Indonesia pada tahun 2012.    


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com