Kompas.com - 27/09/2012, 11:53 WIB
EditorErvan Hardoko

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Marinir Meksiko, Rabu (26/9/2012), menyatakan telah menangkap salah seorang pemimpin kartel narkotika paling brutal, Zetas.

Orang yang diduga sebagai Ivan Velazquez itu ditangkap di Negara Bagian San Luis Potosi di bagian tengah Meksiko, tempat Zetas terlibat pertikaian internal dalam beberapa pekan belakangan.

Velazquez alias Z-50 adalah salah seorang tokoh utama Zetas. Gerombolan tersebut dibentuk sekelompok tentara pembelot yang bertindak sebagai pelaksana Kartel Teluk sebelum memisahkan diri dengan mantan majikan mereka pada 2010.

Velazquez adalah salah satu gembong narkotik paling dicari di Meksiko. Sejak 2009, lebih dari 20 gembong narkotik telah ditangkap atau tewas, demikian laporan Reuters.

Kartel Zetas, yang kejam, telah melakukan beberapa tindakan paling memuakkan dalam perang narkotik di Meksiko dan terus berkembang, bahkan saat gerombolan saingannya menggabungkan kekuatan untuk melawannya.

Pada Senin (24/9/2012), Angkatan Laut Meksiko menangkap 35 anggota pasukan polisi federal yang diduga bekerja buat Zetas di Negara Bagian Veracruz di bagian timur Meksiko dan negara bagian tetangganya, San Luis Potosi.

Pada September, Pemerintah Meksiko mengumumkan penangkapan pemimpin Kartel Teluk, Jorge Costilla, alias "El Coss".

Sebanyak 60.000 orang telah tewas dalam kerusuhan yang berkaitan dengan narkotik selama masa jabatan Presiden Felipe Calderon saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.