Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Klaim Tangkap Pemimpin Zetas

Kompas.com - 27/09/2012, 11:53 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Marinir Meksiko, Rabu (26/9/2012), menyatakan telah menangkap salah seorang pemimpin kartel narkotika paling brutal, Zetas.

Orang yang diduga sebagai Ivan Velazquez itu ditangkap di Negara Bagian San Luis Potosi di bagian tengah Meksiko, tempat Zetas terlibat pertikaian internal dalam beberapa pekan belakangan.

Velazquez alias Z-50 adalah salah seorang tokoh utama Zetas. Gerombolan tersebut dibentuk sekelompok tentara pembelot yang bertindak sebagai pelaksana Kartel Teluk sebelum memisahkan diri dengan mantan majikan mereka pada 2010.

Velazquez adalah salah satu gembong narkotik paling dicari di Meksiko. Sejak 2009, lebih dari 20 gembong narkotik telah ditangkap atau tewas, demikian laporan Reuters.

Kartel Zetas, yang kejam, telah melakukan beberapa tindakan paling memuakkan dalam perang narkotik di Meksiko dan terus berkembang, bahkan saat gerombolan saingannya menggabungkan kekuatan untuk melawannya.

Pada Senin (24/9/2012), Angkatan Laut Meksiko menangkap 35 anggota pasukan polisi federal yang diduga bekerja buat Zetas di Negara Bagian Veracruz di bagian timur Meksiko dan negara bagian tetangganya, San Luis Potosi.

Pada September, Pemerintah Meksiko mengumumkan penangkapan pemimpin Kartel Teluk, Jorge Costilla, alias "El Coss".

Sebanyak 60.000 orang telah tewas dalam kerusuhan yang berkaitan dengan narkotik selama masa jabatan Presiden Felipe Calderon saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com