Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zawahiri: Mata Kanan Osama Buta sejak Muda

Kompas.com - 27/09/2012, 09:58 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Mata kanan pendiri Al Qaeda, Osama bin Laden, buta akibat sebuah kecelakaan di masa muda. Hal itu dikatakan penggantinya, Ayman al-Zawahiri, dalam sebuah video berjudul "Days with the Imam".

Dalam video yang diunggah oleh situs web milik kelompok radikal itu Zawahiri juga mengungkap bahwa Osama pernah menjadi anggota Ikhwanul Muslimin cabang Arab Saudi. Saudi kemudian diusir dari negara itu setelah mendesak agar dilakukan jihad melawan pendudukan Uni Soviet di Afganistan pada tahun 1980-an.

Zawahiri mengatakan, "Bagi yang tidak tahu", mata kanan Osama buta akibat sebuah kecelakaan di masa muda, seperti dilansir Daily Telegraph.

Menurut Zawahiri, Osama pergi ke Pakistan untuk mengirim uang kepada para pelaku jihad di Peshawar. Dia rupanya menentang perintah Ikhwanul Muslimin dan bergabung dengan perjuangan bersenjata.

Klaim bahwa Osama pernah bergabung dengan Ikhwanul Muslimin tersebut merupakan yang pertama yang dilontarkan oleh orang-orang dekatnya.

Video Zawahiri itu tampaknya dibuat sebelum Ramadhan sebab di dalamnya Zawahiri mengucapkan "selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com