Kompas.com - 27/09/2012, 09:58 WIB
EditorKistyarini

KABUL, KOMPAS.com — Mata kanan pendiri Al Qaeda, Osama bin Laden, buta akibat sebuah kecelakaan di masa muda. Hal itu dikatakan penggantinya, Ayman al-Zawahiri, dalam sebuah video berjudul "Days with the Imam".

Dalam video yang diunggah oleh situs web milik kelompok radikal itu Zawahiri juga mengungkap bahwa Osama pernah menjadi anggota Ikhwanul Muslimin cabang Arab Saudi. Saudi kemudian diusir dari negara itu setelah mendesak agar dilakukan jihad melawan pendudukan Uni Soviet di Afganistan pada tahun 1980-an.

Zawahiri mengatakan, "Bagi yang tidak tahu", mata kanan Osama buta akibat sebuah kecelakaan di masa muda, seperti dilansir Daily Telegraph.

Menurut Zawahiri, Osama pergi ke Pakistan untuk mengirim uang kepada para pelaku jihad di Peshawar. Dia rupanya menentang perintah Ikhwanul Muslimin dan bergabung dengan perjuangan bersenjata.

Klaim bahwa Osama pernah bergabung dengan Ikhwanul Muslimin tersebut merupakan yang pertama yang dilontarkan oleh orang-orang dekatnya.

Video Zawahiri itu tampaknya dibuat sebelum Ramadhan sebab di dalamnya Zawahiri mengucapkan "selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.