Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Bay Light", Patung Cahaya Terbesar di Dunia

Kompas.com - 27/09/2012, 09:35 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Seniman internasional Leo Villareal tengah mengerjakan proyek kesenian berupa patung cahaya terbesar di dunia. Karya ini adalah cara Villareal memperingati 75 tahun berdirinya San Francisco Bay Bridge.

Bulan depan, penduduk San Francisco, Amerika Serikat (AS), mulai dapat melihat kerlip cahaya lampu di sekujur San Francisco Bay Bridge. Lampu-lampu akan dipasang pada kabel suspensi jembatan raksasa tersebut. Nantinya, sekitar Maret tahun depan, seluruh jembatan akan dipenuhi dengan puluhan ribu lampu.

"Karya ini akan merefleksikan aktivitas di sekitarnya," ujar Villareal.

"Saya bekerja dengan teknologi tertentu dan akan memberikan lapisan lain pada jembatan ini," tambahnya.

Instalasi seni abstrak tersebut diberi nama "The Bay Light". Dua puluh lima ribu lampu LED hemat energi akan diprogram secara individual dan digantung dengan hati-hati di sepanjang kabel jembatan ini. Lampu-lampu itu nantinya akan terang dan meredup sesuai kondisi air laut di bawahnya. Lampu-lampu itu juga akan bereaksi dengan kabut dan aktivitas manusia di sekitarnya.

"Tepat dua tahun lalu ide The Bay Lights muncul di kepala saya," ujar Ben Davis, pimpinan proyek ini.

"Jembatan ini tidak hanya akan menjadi jembatan, namun menjadi sebuah kanvas," katanya.

Melihat jembatan ini dari arah berbeda akan memberikan efek yang juga berbeda. Jadi, jika Anda berdiri di Treasure Island, Anda akan melihat hal berbeda dengan orang lain yang melihat dari Marin, Oakland, atau pulau utama San Francisco.

Lampu-lampu tersebut rencananya akan terpasang selama dua tahun. Tentu, pemasangan lampu itu dengan harapan, akan menarik banyak turis.

Para turis tidak perlu khawatir dengan penggunaan energi pada jembatan ini. The Bay Light sebesar itu hanya menghabiskan 30 Dolar AS setiap harinya. Dengan pengeluaran sekecil itu, pihak penyelenggara proyek ini memperkirakan pemasukan yang akan didapatkan sebesar 97 juta Dolar AS.

Proyek ini sendiri memerlukan 10,5 juta Dolar AS. Sebanyak 8 juta Dolar AS sudah dibiayai oleh pihak swasta, sementara 2,5 juta Dolar sisanya saat ini masih tengah dicari oleh penyelenggara.

"California adalah tempat bagi para pemimpi, pekerja, dan pengusaha," kata Gubernur California, Gavin Newsom.

"Ini adalah pengingat yang luar biasa bagi San Francisco kepada dunia. Inilah yang membuat negara bagian kami istimewa. Paris, eat your heart out," seloroh Newsom sambil meledek.

Konstruksi lampu-lampu tersebut akan dimulai bulan ini dan diharapkan akan selesai dengan sempurna pada 6 Maret 2013.

(Sumber: http://www.californiahomedesign.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com