Kompas.com - 27/09/2012, 09:05 WIB
EditorErvan Hardoko

GENEVA, KOMPAS.com — Sebuah versi lebih muda lukisan terkenal Mona Lisa akan dipamerkan di Geneva, Swiss. Lukisan ini memicu perdebatan karena beberapa pihak mengklaim bahwa inilah versi asli lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci itu.

Yayasan Mona Lisa yang berpusat di Swiss yang akan menggelar pameran ini mengatakan, riset mendetail selama tiga dekade memberikan petunjuk kuat bahwa versi ini adalah lukisan awal wajah perempuan paling terkenal di dunia itu.

"Kami sudah menyelidiki lukisan ini dari berbagai sudut yang relevan. Kami juga mengumpulkan seluruh informasi. Semuanya memperkuat dugaan kami bahwa inilah versi awal Gicondia di Museum Louvre," kata anggota yayasan dan sejarawan Stanley Feldman.

Giaconda adalah nama Italia untuk lukisan Mona Lisa yang dikenal dunia saat ini. Sedangkan orang Perancis biasa menyebut lukisan itu dengan La Joconde.

Pada awal abad ke-16, seorang bangsawan Italia Francesco del Giacondo meminta Da Vinci untuk melukis wajah istrinya, Lisa Gherardini. Tetapi, setelah menyelesaikan tugasnya, Da Vinci tak pernah memberikan lukisan itu kepada pemesannya.

Lebih muda

Lukisan yang dipamerkan kepada media dan para pakar di Geneva itu adalah sosok seorang perempuan yang diduga berusia awal 20-an.

Perempuan dalam lukisan ini berpose, bahkan memiliki tatapan mata yang sama dengan masterpiece yang kini tersimpan di Louvre, yang diyakini menampilkan sosok perempuan berusia 30-an.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stanley Feldman dan saudaranya, David, yang sudah lama berkecimpung di dunia seni, mengatakan, bukti-bukti sejarah, perbandingan kritis, dan uji ilmiah menggunakan teknik paling modern mendukung gagasannya soal lukisan Mona Lisa yang lebih muda ini.

Teori Mona Lisa muda ini didukung dua orang lainnya, yaitu pakar karya-karya Da Vinci Alessandro Vezzosi dan pakar asal AS Carlo Pedretti.

Namun, pakar-pakar Da Vinci lainnya sangat skeptis dengan munculnya teori Mona Lisa muda ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X