Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan PM Abe Dicalonkan Kembali

Kompas.com - 27/09/2012, 04:19 WIB

TOKYO, RABU - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (58) kembali dipilih menjadi ketua partai oposisi utama Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP), dan membuka peluang ia dicalonkan kembali untuk posisi jabatan lamanya itu, Rabu (26/9).

Menurut sejumlah jajak pendapat, peluang Abe dalam pemilihan umum yang akan digelar beberapa bulan mendatang diyakini terbuka lebar.

LDP diyakini bakal memenangi mayoritas kursi di majelis rendah parlemen negeri itu setelah tahun 2009 partai itu tergusur dari kekuasaan yang sudah mereka pegang selama hampir setengah abad.

Kemungkinan Abe terpilih kembali sebagai PM Jepang dinilai memicu kewaspadaan sejumlah negara tetangga Jepang yang terlibat sengketa teritorial, seperti China dan Korea Selatan.

Pandangan Abe selama ini dinilai keras, terutama dalam hal mempertahankan wilayah kedaulatan ”Negeri Matahari Terbit” itu.

”Wilayah laut dan teritorial Jepang kini terancam, sementara perekonomian negeri ini mandek akibat deflasi berkepanjangan dan mata uang yen yang kuat,” ujar Abe dalam jumpa pers.

”Semua itu akan menjadi misi utama saya, mengatasi berbagai kesulitan serta membangun Jepang yang kuat dan sejahtera,” kata Abe.

Lima tahun lalu, Abe berhenti dari jabatan PM setelah setahun menjabat. Saat itu dia mengundurkan diri karena masalah kesehatan.

Kesempatan kedua

Optimisme bahwa LDP akan sukses mengalahkan Partai Demokrat Jepang (DPJ) yang berkuasa saat ini dengan pencalonan Abe dilontarkan Direktur Eksekutif Asian Forum Japan Katsuhiko Nakamura.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com