Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Punya Pemimpin Baru

Kompas.com - 26/09/2012, 19:22 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Partai oposisi Jepang, Liberal Demokrat (LDP) kini punya pemimpin baru bernama Shinzo Abe. Kendati begitu, tulis AP dan AFP pada Rabu (26/9/2012), sosok ini adalah mantan perdana menteri Jepang.

Abe mengalahkan saingannya mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishina dalam pemilihan ketua LDP. Abe memenangi pemilihan dua putaran setelah babak awal tidak ada lima kandidat dijamin menang dengan suara mayoritas. Abe meraih 108 dari 197 suara sah dibanding 89 oleh Ishiba dalam putaran kedua  melibatkan anggota parlemen hanya dari LDP.
   
Ishiba adalah pesaing terkuat di putaran pertama pemilu. Ia merebut 199 suara melawan 141 yang dikantongi  Abe, tetapi masih kurang dari ambang mayoritas 250 suara.
   
Dalam pidato singkat setelah dinyatakan sebagai kepala partai baru, Abe mengatakan dia akan melakukan yang terbaik untuk membentuk kesatuan partai dan mengarah kepada kemenangan pemilihan umum berikutnya yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun.
   
Kemenangan ini membuat Abe, 58-tahun, yang memimpin LDP antara tahun 2006 dan 2007, terdepan untuk jabatan perdana menteri Jepang berikutnya, mengingatkan bahwa jajak pendapat baru-baru ini yang menyarankan LDP bisa membentuk kekuatan politik terbesar di DPR ketika Partai Demokrat Jepang  digulingkan dari kekuasaan dalam pemilihan umum berikutnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com