Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapangan Tiananmen Bersolek

Kompas.com - 26/09/2012, 19:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Lima hari lagi, China merayakan Hari Nasional pada Senin (1/10/2012). Lantaran itulah, sebagaimana warta Antara hari ini, berbagai kegiatan persiapan acara dilaksanakan di Lapangan Tiananmen di pusat kota Beijing. Di tengah lapangan seluas 440.000 meter persegi itu ada keranjang bunga besar yang di bawahnya juga bertabur bunga merah dan kuning.
  
Di Beijing, juga tampak sejumlah balok bunga yang berdiri di beberapa sisi lapangan yang membentang dengan panjang 880 meter dari selatan ke utara dan lebar 500 meter dari barat ke timur.
  
Lapangan Tiananmen dikeliling beberapa gedung penting pemerintahan seperti Balai Agung Rakyat atau "Great Hall Of The People" berada di sebelah barat Lapangan Tiananmen. Setiap lima tahun, Partai Komunis China bersidang di Balai Agung Rakyat.
  
Di sebelah timur Lapangan Tiananmen berdiri megah Gedung Museum Nasional China. Direncanakan di museum itu akan disimpan seluruh bukti perjalanan sejarah China.
  
Setiap hari hampir sekitar 2.000-3.000 orang memadati lapangan yang diapit Gerbang Qianmen di sebelah selatan dan Gerbang Tiananmen, lengkap dengan gambar besar Mao Zedong di sebelah utara.
  
Khusus pada peringatan Hari Nasional pada 1 Oktober mendatang, rakyat biasanya memadati Lapangan Tiananmen mulai bahkan sejak 30 September malam. Mereka biasanya menyaksikan penaikan bendera China pada pagi hari dan terus berada di lapangan itu untuk menyaksikan upacara penurunan bendera.
  
Perayaan Hari Nasional China juga dimeriahkan dengan parade militer dan berbagai atraksi lain, seperti menyalakan kembang api pada malam hari.
  
Tak hanya Lapangan Tiananmen, beberapa sudut kota Beijing juga berhias menyambut Hari Nasional China. Selama satu pekan sejak 1 Oktober China mengadakan libur nasional untuk menyambut Hari Nasional China.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com