Kompas.com - 26/09/2012, 19:15 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Lima hari lagi, China merayakan Hari Nasional pada Senin (1/10/2012). Lantaran itulah, sebagaimana warta Antara hari ini, berbagai kegiatan persiapan acara dilaksanakan di Lapangan Tiananmen di pusat kota Beijing. Di tengah lapangan seluas 440.000 meter persegi itu ada keranjang bunga besar yang di bawahnya juga bertabur bunga merah dan kuning.
  
Di Beijing, juga tampak sejumlah balok bunga yang berdiri di beberapa sisi lapangan yang membentang dengan panjang 880 meter dari selatan ke utara dan lebar 500 meter dari barat ke timur.
  
Lapangan Tiananmen dikeliling beberapa gedung penting pemerintahan seperti Balai Agung Rakyat atau "Great Hall Of The People" berada di sebelah barat Lapangan Tiananmen. Setiap lima tahun, Partai Komunis China bersidang di Balai Agung Rakyat.
  
Di sebelah timur Lapangan Tiananmen berdiri megah Gedung Museum Nasional China. Direncanakan di museum itu akan disimpan seluruh bukti perjalanan sejarah China.
  
Setiap hari hampir sekitar 2.000-3.000 orang memadati lapangan yang diapit Gerbang Qianmen di sebelah selatan dan Gerbang Tiananmen, lengkap dengan gambar besar Mao Zedong di sebelah utara.
  
Khusus pada peringatan Hari Nasional pada 1 Oktober mendatang, rakyat biasanya memadati Lapangan Tiananmen mulai bahkan sejak 30 September malam. Mereka biasanya menyaksikan penaikan bendera China pada pagi hari dan terus berada di lapangan itu untuk menyaksikan upacara penurunan bendera.
  
Perayaan Hari Nasional China juga dimeriahkan dengan parade militer dan berbagai atraksi lain, seperti menyalakan kembang api pada malam hari.
  
Tak hanya Lapangan Tiananmen, beberapa sudut kota Beijing juga berhias menyambut Hari Nasional China. Selama satu pekan sejak 1 Oktober China mengadakan libur nasional untuk menyambut Hari Nasional China.
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.