Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Jepang-China Akan Bertemu di Sela Sidang Umum PBB

Kompas.com - 26/09/2012, 16:19 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri China dan Jepang berencana menggelar pertemuan sampingan di sela-sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York. Mereka akan membahas sengketa yang terjadi dan semakin memuncak di perairan Laut China Timur.

Kepastian rencana pertemuan itu disampaikan Menlu Jepang Koichiro Gemba, seperti dikutip kantor berita Kyodo, Rabu (26/9/2012). Seperti diwartakan, kedua negara memperebutkan gugus Kepulauan Senkaku dalam bahasa Jepang atau Diaoyu dalam sebutan China.

Sengketa semakin memuncak dan berdampak memperpanas kembali hubungan kedua negara, tak lama setelah Pemerintah Jepang memastikan akan membeli kepulauan tersebut. Langkah itu memicu protes keras anti-Jepang di seluruh kawasan China.

Dalam pemberitaan surat kabar Jiji disebutkan, Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda menegaskan pentingnya penanganan sengketa tersebut dilihat dalam konteks yang lebih besar, dengan juga mengupayakan komunikasi di semua lini tingkatan demi menghindari pertentangan lebih jauh antarkedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com