Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap Terus Bertahan

Kompas.com - 26/09/2012, 15:57 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com -- Kabut asap kebakaran lahan dan hutan terus bertahan di Jambi. Jarak pandang tidak kunjung membaik sejak pagi hingga sore, Rabu (26/9/2012).

Jarak pandang sejak pukul 06.00 WIB hingga 15.00 masih bertahan pada 1.000 meter. Menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jambi, udara di Jambi dan sekitarnya diselimuti kabut asap.

Kondisi bahkan sempat memburuk pada pukul 07.00, jarak pandang hanya 700 meter. Selanjutnya, jarak pandang tidak lebih dari 1.000 meter hingga sore ini. Padahal, pada hari-hari sebelumnya jarak pandang kembali normal di atas pukul 11.00.

Koordinator Bidang Pengkajian dan Informasi BMKG Jambi, Kurnianingsih mengatakan, rendahnya kecepatan angin diduga sebagai penyebab kabut asap bertahan. "Kecepatan angin di bawah 5 knot per jam, sehingga cenderung pergerakan udara sangat lemah," katanya.

Jumlah titik panas yang terpantau Satelit NOAA pada hari ini tidak sebanyak biasanya. Titik panas hanya dua titik di wilayah Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, dan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com