Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harian Mesir Lawan Kartun dengan Kartun

Kompas.com - 26/09/2012, 14:51 WIB

KAIRO, KOMPAS.com Al-Watan, sebuah surat kabar sekuler, menerbitkan 13 karikatur di bawah slogan "Lawan karikatur dengan karikatur".

Salah satu di antaranya menggambarkan sepasang kacamata yang sedang memandang gedung World Trade Center di New York, AS, terbakar, dengan tulisan, "Kacamata Barat untuk dunia Islam".

Karikatur Charlie Hebdo muncul di tengah keriuhan menyusul beredarnya video yang menghina Islam.

Sekitar 50 orang meninggal dunia dalam berbagai protes yang dimulai dua pekan lalu akibat film amatir, Innocence of Muslims.

Respons beradab

Karikatur satir Charlie Hebdo memicu demonstrasi kecil di depan Kedutaan Besar Perancis di Kairo, Jumat, meski di dunia Muslim lainnya unjuk rasa atas Perancis dan Innocence of Muslims telah menjadi aksi skala besar dan diwarnai kekerasan.

Karikatur Al-Watan yang dicetak dua halaman penuh itu merupakan bagian dari edisi khusus 12 halaman sebagai tanggapan atas Charlie Hebdo.

Edisi itu juga memuat artikel oleh penulis sekuler kenamaan, semisal mantan Direktur Riset Pusat Kajian Timur Tengah Carnegie Amr Hamzawi dan ulama Islam Mesir terkemuka seperti Mufti Besar Mesir, Ali Gomaa.

Ada pula karikatur yang menunjukkan seorang pria kulit putih menuduh seorang pria berjanggut sebagai teroris sebelum ia menyadari bahwa pria tersebut berasal dari Israel dan kemudian memberinya bunga.

Pujian pembaca

Karikatur lain menunjukkan dua gambar pria Arab yang diletakkan bersisian.

Seorang pria mengenakan topi, jaket, serta memiliki janggut tipis; sedangkan yang satu lagi berjanggut tebal, mengenakan turban di kepala, dan menyeringai memperlihatkan gigi geliginya dan membawa sebilah pisau berlumuran darah.

Para pembaca Al-Watan yang sangat kritis terhadap gerakan Ikhwanul Muslimin pimpinan Presiden Mohammed Mursi bereaksi positif terhadap suplemen tersebut.

Beberapa di antaranya berkomentar di situs web Al-Watan, yang memuji ide melawan "pikiran dengan pikiran" dan berterima kasih atas "respons beradab" harian tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com