Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Tewaskan 35 Anggota Boko Haram

Kompas.com - 25/09/2012, 15:11 WIB

ABUJA, KOMPAS.com - Sedikitnya 35 orang anggota Boko Haram tewas dalam sebuah operasi penumpasan kelompok militan itu di wilayah timur laut Nigeria, kata pejabat militer.

Angkatan bersenjata Nigeria mengatakan telah menahan lebih dari 60 orang lain dalam operasi militer di negara bagian Adamawa dan Yobe.

Kelompok Boko Haram berpendirian menentang pengaruh Barat di Nigeria dan telah melakukan serangkaian serangan di negara itu.

Pada Minggu (24/9/2012), serangan terhadap sebuah gereja Katolik, yang diduga dilakukan oleh Boko Haram, telah menewaskan dua orang.

Juru bicara militer mengatakan pada AFP, operasi itu dilakukan dalam semalam, antara Minggu hingga Senin. Jam malam juga diberlakukan di Damaturu, ibukota Yobe.

Tentara mendatangi satu per satu rumah di tiga kawasan di kota tersebut dan sempat beradu tembak dengan militan sepanjang malam. Dua tentara terluka dalam pertempuran itu.

Polisi menemukan puluhan senapan dan bahan peledak, serta ratusan amunisi serta 32 anak panah dan dua pedang di tempat-tempat persembunyian Boko Haram.

Kota Damaturu merupakan yang paling menderita akibat aktivitas kelompok yang ingi menerapkan syariat Islam di seluruh Nigeria.

Pada Juni lalu, pertempuran antara anggota kelompok itu dengan aparat militer sempat melumpuhkan kota itu. Banyak orang tidak bisa meninggalkan rumah ataupun bekerja akibat peristiwa itu.

Berbagai serangan yang terjadi di Nigeria utara dan tengah diduga dilakukan Boko Haram telah menewaskan sekitar 1.400 orang sejak 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com