Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap Ganggu Aktivitas Belajar di Palangkaraya

Kompas.com - 25/09/2012, 09:14 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan gambut di Kalimantan Tengah mulai mengganggu aktivitas belajar-mengajar sejumlah sekolah di Palangkaraya, Selasa (25/9/2012).

Belum adanya ketentuan teknis yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya membuat pihak sekolah mengambil kebijakan yang berbeda.

Di SD Negeri 11 Langkai yang berada di Jalan Diponegoro, pihak sekolah mulai hari Rabu (26/9/2012) besok terpaksa menunda jam masuk sekolah. Jika biasanya siswa sekolah itu memulai proses belajar pukul 06.30 WIB, mulai besok akan dimundurkan pada pukul 07.00 WIB.

"Ada pengumuman pengunduran jam masuk sekolah, biasanya itu setengah tujuh menjadi jam tujuh," ujar salah satu orangtua murid.

Sementara itu, pihak SMP Negeri 2 Palangkaraya mengambil kebijakan yang berbeda. Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Wawan Heriadi, sejak kabut asap mulai menebal, sekolah itu meniadakan aktivitas siswa di luar ruang kelas. Untuk pelajaran olahraga, saat ini siswa hanya mendapat pelajaran olahraga berupa teori di ruang kelas.

"Aktivitas mereka juga kita batasi. Untuk olahraga, mungkin kami hanya teori," tutur Wawan.

Dampak buruk kabut asap tidak hanya mengganggu aktivitas warga masyarakat, tetapi juga mengganggu kesehatan. Kabut asap dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com