Kompas.com - 24/09/2012, 11:46 WIB
EditorKistyarini

TEHERAN, KOMPAS.com — Pemerintah Iran menyatakan, Perang Dunia III mungkin meletus jika republik Islam tersebut diserang Israel.
Brigadir Jenderal Amir-Ali Hajizadeh, Panglima Divisi Udara Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC), memperingatkan, serangan Israel terhadap Iran dapat memicu Perang Dunia III, demikian laporan Press TV, Minggu (23/9/2012).

Israel, yang mengancam akan menghancurkan instalasi nuklir Iran belakangan ini, selalu sangat prihatin dengan program nuklir Iran, yang dicurigai Barat mengarah kepada pembuatan senjata nuklir, tetapi berkedok tujuan sipil.

Iran telah berkeras program nuklirnya semata-mata bertujuan damai dan memperingatkan bahwa Teheran akan membalas jika diserang.

Hajizadeh mengatakan, dalam hal meletusnya perang semacam itu terhadap Iran, situasi akan tak terkendali, kata Press TV. "Perang ini tampaknya akan berubah jadi Perang Dunia III," kata Hajizadeh, sebagaimana dikutip Xinhua.

Ditambahkannya, itu berarti beberapa negara lain mungkin terseret ke dalam perang untuk mendukung atau menentang Iran.

"Kami melihat Amerika Serikat dan rezim Zionis (Israel) saling berdampingan dan kami hanya tak bisa membayangkan rezim Zionis akan memulai perang (melawan Iran) tanpa dukungan AS," kata Hajizadeh.

"Republik Islam Iran menganggap pangkalan AS di wilayah ini sebagai bagian dari tanah Amerika dan tentu saja akan mengincar semua itu jika perang meletus," katanya.

Pada Sabtu, Panglima IRGC Mayor Jenderal Mohammad Ali Jafari mengatakan, perang melawan Iran akhirnya akan terjadi, kata Press TV. "Perang akan terjadi, tetapi tidak jelas di mana dan kapan," kata Jafari, yang menambahkan Iran siap menghadapi setiap serangan yang mungkin dilancarkan terhadap negara itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X