Kompas.com - 22/09/2012, 19:17 WIB
EditorKistyarini

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara memperingatkan akan melakukan pembalasan militer setelah kapal patroli angkatan laut Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan ke kapal nelayan Pyongyang di dekat perbatasan Laut Kuning.

Komando militer Korut di baratdaya mengatakan kapal angkatan laut Korsel pada Jumat memasuki wilayah perairannya dan "menembak sembarangan", kata pernyataan, yang disiarkan kantor berita resmi Pyongyang KCNA, Sabtu (22/9/2012)

Militer telah diperintahkan untuk menjadikan Laut Kuning satu perangkap bagi "musuh-musuh dan melakukan satu perang besar-besaran bagi reunifikasi nasional jika musuh-musuh menembak ke daerah pihak Korut," katanya.

"Yang belum dilakukan sekarang adalah serangan besar-besaran satuan-satuan garis depan (Korut) yang tidak mengenal batas."

Korsel mengatakan tembakan-tembakan peringatan dilakukan terhadap kapal-kapal Korut setelah mereka memasuki perbatasan laut yang disengketakan itu, terbaru dalam serangkaian pelanggaran.

Tidak ada kapal-kapal Korut yang terkena tembakan dan mereka kembali ke perairan mereka di perbatasan laut bagian barat setelah insiden itu, kata seorang juru bicara kementerian pertahanan.

Insiden yang terjadi dekat pulau Yeonpyeong itu, setelah serangkaian pelanggaran perbatasan baru-baru ini oleh kapal-kapal melayan Korut pada saat puncak musim ikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itu adalah kali pertama dalam dua tahun Korsel memberikan tembakan peringatan untuk menghalau kapal-kapal kembali ke perairan mereka.
Perbatasan maritim defakto antara dua Korea -- yang disebut Garis Perbatasan Utara (NLL) -- tidak diakui oleh Pyongyang, yang menyatakan itu ditetapkan secara sepihak oleh pasukan PBB yang dipimpin AS setelah Perang Korea tahun 1950-1953.

Perairan itu menjadi ajang pertempuran berdarah tahun 1999,2002 dan 2009. Kedua Korea tetap secara teknis dalam perang karena konflik Korea itu



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X