Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Gubernur Jatim Lepas 444 Calon Haji

Kompas.com - 21/09/2012, 20:36 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf melepas keberangkatan 444 calon haji kelompok terbang (kloter) 1 embarkasi Surabaya di Bandara Internasional Juanda, Jumat (21/9/2012).

Dalam pelepasan tersebut, Saifullah berpesan kepada para calon haji agar senantiasa menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Ibadah haji merupakan ibadah yang mengandalkan fisik. Dibutuhkan kondisi tubuh yang prima untuk dapat menjalankan ibadah dengan sempurna.

Apalagi berdasarkan data statistik, kebanyakan calon haji mendapatkan perawatan medis karena beribadah terlalu berlebihan. Karena itu, para calon haji diharapkan dapat mengukur sendiri kemampuan fisiknya dan tidak terlalu memaksakan diri.

"Jangan berlebihan, ingatlah dengan kemampuan fisik masing-masing," kata Saifullah.   

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Pemberangkatan Kementerian Agama Embarkasi Surabaya Sudjak mengatakan, awalnya jumlah calon haji kloter pertama dari Kabupaten Bojonegoro 445 orang, tetapi satu orang batal berangkat karena sakit dan harus dirawat.

Sebanyak 449 orang tersebut terdiri atas 444 calon haji dan 5 petugas. Tahun ini dari embarkasi Surabaya diberangkatkan total 80 kloter dan 35.454 calon haji dari Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Rinciannya, 76 kloter dari Jatim, sisanya NTT dan NTB. Tahun lalu 90 kloter, sedangkan tahun ini 80 kloter karena NTB berangkat sendiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com