Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Dubes AS Sempat Dikepung di China

Kompas.com - 21/09/2012, 08:59 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Demonstran China mengelilingi mobil duta besar Amerika Serikat (AS), Gary Locke, dan melemparinya, serta merintanginya masuk ke kedutaan besar AS di Beijing, Selasa (18/9) pada puncak protes anti-Jepang.

Pemerintah AS telah menyatakan keprihatinannya dan meminta pihak China menjamin keamanan para personel kedutaan AS di negara itu. Jurubicara Kementerian Luar Negeri Victoria Nuland mengatakan, pihak berwenang China telah menyatakan penyesalan atas insiden pada Selasa itu, yang terjadi pada hari memuncaknya protes anti-Jepang di seantero China.

Locke mengatakan kepada wartawan ia tidak kurang suatu apa dan tidak merasa terancam bahaya selama insiden itu. Namun ia menambahkan telah menemui para pejabat Kementerian Luar Negeri China untuk menyatakan keprihatinan dan mendesak mereka agar berbuat sekuat tenaga melindungi personel kedutaan besar Amerika.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei menyebut insiden itu sebagai kasus yang berdiri sendiri, tetapi menegaskan bahwa pihaknya sedang melakukan penyidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com