Kompas.com - 21/09/2012, 08:59 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIJING, KOMPAS.com - Demonstran China mengelilingi mobil duta besar Amerika Serikat (AS), Gary Locke, dan melemparinya, serta merintanginya masuk ke kedutaan besar AS di Beijing, Selasa (18/9) pada puncak protes anti-Jepang.

Pemerintah AS telah menyatakan keprihatinannya dan meminta pihak China menjamin keamanan para personel kedutaan AS di negara itu. Jurubicara Kementerian Luar Negeri Victoria Nuland mengatakan, pihak berwenang China telah menyatakan penyesalan atas insiden pada Selasa itu, yang terjadi pada hari memuncaknya protes anti-Jepang di seantero China.

Locke mengatakan kepada wartawan ia tidak kurang suatu apa dan tidak merasa terancam bahaya selama insiden itu. Namun ia menambahkan telah menemui para pejabat Kementerian Luar Negeri China untuk menyatakan keprihatinan dan mendesak mereka agar berbuat sekuat tenaga melindungi personel kedutaan besar Amerika.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei menyebut insiden itu sebagai kasus yang berdiri sendiri, tetapi menegaskan bahwa pihaknya sedang melakukan penyidikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.