Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Jatuh di Dekat Damaskus

Kompas.com - 20/09/2012, 18:12 WIB

Televisi pemerintah Suriah melaporkan satu helikopter jatuh di kota Douma, dekat ibukota Suriah, Damaskus, tetapi tidak menyebutkan rincian lebih lanjut. 

Pasukan pemerintah semakin sering menggunakan helikopter dan pesawat-pesawat lain untuk menggempur pasukan pemberontak.

Seorang aktivis di Douma mengatakan pasukan tempur dan helikopter pasukan pemerintah sebelumnya terbang di atas Douma sebelum kejadian.

"Kami mendengar beberapa suara ledakan dan tembakan, dan beberapa menit kemudian, kami diberitahu bahwa ada helikopter jatuh," kata Mohammed Saeed seperti dikutip kantor berita AP.

Kelompok oposisi Suriah yang bermarkas di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights, mengatakan para pemberontak menembak jatuh helikopter tersebut.

Bulan lalu pejuang oposisi juga menembak jatuh helikopter pemerintah di Damaskus.

Pertemuan di Den Haag

Pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak belum mereda di Suriah. Pada Rabu (19/9/2012), pertempuran sengit terjadi di Damaskus dan Aleppo di bagian utara.

Organisasi Amnesty International memperingatkan bahwa serangan udara dan artileri tanpa pandang bulu membuat korban jiwa di Idlib dan Hama meningkat pesat.

Sementara itu di Den Haag, sekelompok ahli keuangan, diplomat asing, dan pembelot Suriah sedang mengadakan pertemuan untuk mencari cara-cara baru di bidang ekonomi guna memperlemah pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Kelompok yang disebut Friends of Syria itu membahas bagaimana membuat sanksi-sanksi lebih efektif yang diterapkan kepada pemerintah Suriah dan untuk melacak aset tersembunyi Presiden Assad.

Menteri Luar Negeri Belanda, Uri Rosenthal, mengatakan salah satu masalah yang dihadapi adalah tidak semua negara menerapkan sanksi terhadap Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com