Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jutawan Asia Pasifik Terbanyak di Dunia

Kompas.com - 20/09/2012, 09:01 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jumlah orang kaya di Asia Pasifik telah melewati jumlah orang kaya di Amerika Utara untuk pertama kali, didorong meningkatnya jumlah orang kaya di China dan Jepang. Dalam laporan yang dikeluarkan pada Rabu (19/9) itu disebutkan, kekayaan di Indonesia meningkat pesat.

Kawasan Asia Pasifik memiliki 3,37 juta orang kaya yang disebut sebagai high net worth individuals (HNWI) pada tahun 2011 dibandingkan dengan Amerika Utara dengan 3,35 juta orang, menurut kajian yang diterbitkan perusahaan konsultan Capgemini dan RBC Wealth Management.

Eropa memiliki 3,17 juta HNWI, yang didefinisikan sebagai orang yang memiliki aset 1 juta dollar AS atau lebih untuk diinvestasikan. Kekayaan itu tak termasuk tempat tinggal utama mereka dan harta mewah, termasuk benda seni.

”Asia Pasifik kini menjadi tempat lebih banyak HNWI dibandingkan kawasan lain untuk pertama kali,” kata Barend Janssens dari RBC pada konferensi pers di Singapura.

Asia Pasifik menggeser Eropa tahun 2010 dari posisi kedua. Pertumbuhan kuat dalam populasi jutawan—terutama di Jepang dan China—ditambah turunnya jumlah orang kaya di Amerika Utara membuat kawasan Asia Pasifik mengambil tempat pertama, kata Janssens.

Jepang merupakan tempat 54,1 persen HNWI di kawasan itu, disusul China dengan 16,7 persen dan Australia 5,3 persen.

Walau memiliki orang kaya terbanyak, Asia Pasifik masih tertinggal dari Amerika Utara dalam hal jumlah kekayaan. Kekayaan HNWI Asia Pasifik dengan 10,7 triliun dollar AS lebih sedikit daripada 11,4 triliun dollar AS yang dimiliki HNWI Amerika Utara.

Kekayaan menurun paling berarti tahun lalu di Hongkong (20,1 persen) dan India (18 persen). Kekayaan bertumbuh paling kuat di Thailand (9,3 persen) dan Indonesia (5,3 persen). Banyak orang kaya Asia Pasifik memperoleh kekayaannya melalui bisnis keluarga dan properti. (AFP/Reuters/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com