Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Orang Terkaya AS

Kompas.com - 20/09/2012, 08:19 WIB

NEW YORK, KOMPAS.comBill Gates menjadi orang terkaya di Amerika Serikat tahun 2012 dengan kekayaan 66 miliar dollar AS. Kekayaan pendiri Microsoft ini naik 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Demikian majalah Forbes, Rabu (19/9/2012) waktu setempat.

Dalam daftar Forbes 400 ini, pakar investasi Warren Buffett berada di urutan kedua dengan kekayaan 46 miliar dollar AS, kemudian diikuti pendiri Oracle, Larry Ellison, dengan nilai kekayaan 41 miliar dollar AS.

Kekayaan Gates dan Buffet bertambah masing-masing tujuh miliar dollar AS, sedangkan Ellison meraup delapan miliar dollar AS, yang merupakan penambahan terbesar pada daftar 400 orang terkaya di AS.

Sementara Investor kakap George Soros harus keluar dari daftar sepuluh besar. Dengan kekayaan 19 miliar dollar AS, Soros berada di posisi ke-15. Adapun Wali Kota New York Michael Bloomberg berhasil masuk kembali ke sepuluh teratas, setelah kekayaannya naik 5,5 miliar dollar AS menjadi 25 miliar dollar AS.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg terpuruk ke posisi 36 akibat kehilangan 8,1 miliar dollar AS dengan nilai kekayaan bersih "hanya" 9,4 miliar dollar AS.

Gabungan dari kekayaan bersih ke 400 orang terkaya di AS ini mencapai 1,7 triliun dollar AS, naik 200 miliar dollar AS dari posisi 2011. Data Forbes juga menunjukkan terjadinya kesenjangan yang meningkat antara orang superkaya dengan orang kaya. Dari 20 orang terkaya di daftar tersebut, hanya dua orang yang kekayaannya turun dibandingkan dengan tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com