Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Draghi-Merkel Bahas Kembali Posisi Zona Euro

Kompas.com - 20/09/2012, 08:06 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bank Sentral Eropa, Mario Draghi, dijadwalkan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel. Pertemuan kedua tokoh sentral di Uni Eropa itu, akan menentukan arah penyelesaian krisis utang di Zona Euro, termasuk posisi zona itu di Benua Biru.

Seorang pejabat di Jerman seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Kamis (20/9/2012), mengungkapkan, Draghi-Merkel dijadwalkan bertemu pada Selasa (25/9/2012) nanti di Berlin. Keduanya bakal membahas keadaan ekonomi saat ini dan pakta fiskal di Zona Euro.

Pejabat itu mengatakan bahwa Joerg Asmussen, anggota dewan eksekutif Jerman di ECB, akan bergabung dalam pembicaraan tersebut dari sisi bank. Draghi juga dijadwalkan berpidato dengan kelompok industri utama Jerman pada hari yang sama.

Kepala ECB Italia mengatakan bahwa dia ingin menjelaskan rencananya, untuk menyelamatkan euro kepada para pembuat kebijakan di Jerman. Panitia anggaran dari parlemen Jerman juga mengundang Asmussen, untuk menjelaskan rencananya, meskipun belum diumumkan tanggalnya.

Rencana ECB yang berpotensi untuk melakukan pembelian tak terbatas pada obligasi yang diterbitkan oleh negara-negara Zona Euro bermasalah, telah meninggalkan kegelisahan yang mendalam bagi Jerman. Jerman melihat itu sebagai tindakan yang melangar tabu pada anggaran pembiayaan bank sentral.

Lebih jauh, Jerman juga takut hal itu bakal berdampak pada tingkat inflasi secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com