Kompas.com - 20/09/2012, 08:06 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bank Sentral Eropa, Mario Draghi, dijadwalkan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel. Pertemuan kedua tokoh sentral di Uni Eropa itu, akan menentukan arah penyelesaian krisis utang di Zona Euro, termasuk posisi zona itu di Benua Biru.

Seorang pejabat di Jerman seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Kamis (20/9/2012), mengungkapkan, Draghi-Merkel dijadwalkan bertemu pada Selasa (25/9/2012) nanti di Berlin. Keduanya bakal membahas keadaan ekonomi saat ini dan pakta fiskal di Zona Euro.

Pejabat itu mengatakan bahwa Joerg Asmussen, anggota dewan eksekutif Jerman di ECB, akan bergabung dalam pembicaraan tersebut dari sisi bank. Draghi juga dijadwalkan berpidato dengan kelompok industri utama Jerman pada hari yang sama.

Kepala ECB Italia mengatakan bahwa dia ingin menjelaskan rencananya, untuk menyelamatkan euro kepada para pembuat kebijakan di Jerman. Panitia anggaran dari parlemen Jerman juga mengundang Asmussen, untuk menjelaskan rencananya, meskipun belum diumumkan tanggalnya.

Rencana ECB yang berpotensi untuk melakukan pembelian tak terbatas pada obligasi yang diterbitkan oleh negara-negara Zona Euro bermasalah, telah meninggalkan kegelisahan yang mendalam bagi Jerman. Jerman melihat itu sebagai tindakan yang melangar tabu pada anggaran pembiayaan bank sentral.

Lebih jauh, Jerman juga takut hal itu bakal berdampak pada tingkat inflasi secara keseluruhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X