Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartun Nabi Terbit, Perancis Tutup Kedutaan

Kompas.com - 19/09/2012, 19:26 WIB

PARIS, KOMPAS.com--Perancis mengatakan pihaknya akan menutup sementara kedutaan dan sekolahnya di 20 negara pada Jumat setelah kartun Nabi Muhammad SAW diterbitkan di majalah negara itu, yang menggerakkan kekhawatiran akan semakin berkobarnya ketegangan film mengejek Nabi.

"Sesungguhnya kami telah memutuskan  untuk menutup tempat-tempat kami, kedutaan, konsulat, pusat kebudayaan dan sekolah-sekolah sebagai langkah pencegahan" pada Jumat di mana di seluruh dunia Muslim menyelenggarakan shalat Jumat, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri.

Mingguan satir Perancis "Charlie Hebdo" pada Rabu menerbitkan kartun Nabi Muhammad SAW, yang dikritik pemerintah Perancis, yang mengirim pasukan huru-hara untuk melindungi kantor majalah itu.

Sampul depan majalah tersebut menunjukkan seorang Yahudi Ortodoks mendorong sosok bersorban di kursi roda dan beberapa karikatur Nabi dimasukkan pada halaman isinya, termasuk beberapa digambarkan dalam keadaan telanjang.

Publikasi itu terjadi  di tengah-tengah kemarahan meluas umat Muslim di seluruh dunia berkaitan dengan beredarnya  film anti-Islam "Innocence of Muslims" di Internet.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius mengecam keputusan "Charlie Hebdo" sebagai provokasi, dan mengatakan ia telah memerintahkan keamanan ditingkatkan di kantor-kantor perwakilan diplomat Perancis di dunia Muslim.

Kantor "Charlie Hebdo" di Paris dibom pada November lalu setelah mingguan itu menerbitkan karikatur yang mengejek Nabi Muhammad SAW.

Pada tahun 2005, kartun Nabi Muhammad yang diterbitkan di Denmark juga  memicu gelombang protes kekerasan di seluruh dunia Muslim yang menewaskan sedikitnya 50 orang.(ANTARA/Reuters)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com