Kompas.com - 19/09/2012, 15:44 WIB
Penulis Adri Prima
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan besar Amerika Serikat yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, kembali didemo, Rabu (19/9/2012). Kali ini ratusan pengunjuk rasa tergabung dalam organisasi Pandu Keadilan memenuhi jalan Medan Merdeka Selatan, persis di depan gedung Kedubes AS.

Pantauan Kompas.com, ratusan demonstran itu menggunakan atribut seragam, ikat kepala, dan spanduk-spanduk yang bertuliskan "Go to Hell Amerika, Don't Daspise our Beloved Prophet".

Sebelumnya, pada Senin (17/9/2012) lalu, kantor Kedubes AS juga di demo oleh ratusan massa dari gabungan beberapa ormas Islam yang menamakan dirinya Forum Umat Islam (FUI). Aksi unjuk rasa itu sempat diwarnai keributan antara aparat kepolisian dengan para demonstran.

Aksi pengunjuk rasa dari Pandu Keadilan berlangsung tertib. Namun tetap membuat lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan tersendat.

Demonstrasi ini juga dilatarbelakangi oleh peredaran film Innocent of Muslims yang dianggap melecehkan dan menghina Nabi Muhammad SAW.

"Kami memiliki keyakinan, dan kami tidak rela kalian (Amerika) dengan seenaknya menghina Nabi dan agama kami," ujar seorang orator.

Berita terkait reaksi atas film ini dapat diikuti dalam topik: The Innocence of Muslims.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.