Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedubes AS Kembali Didemo

Kompas.com - 19/09/2012, 15:44 WIB
Adri Prima

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan besar Amerika Serikat yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, kembali didemo, Rabu (19/9/2012). Kali ini ratusan pengunjuk rasa tergabung dalam organisasi Pandu Keadilan memenuhi jalan Medan Merdeka Selatan, persis di depan gedung Kedubes AS.

Pantauan Kompas.com, ratusan demonstran itu menggunakan atribut seragam, ikat kepala, dan spanduk-spanduk yang bertuliskan "Go to Hell Amerika, Don't Daspise our Beloved Prophet".

Sebelumnya, pada Senin (17/9/2012) lalu, kantor Kedubes AS juga di demo oleh ratusan massa dari gabungan beberapa ormas Islam yang menamakan dirinya Forum Umat Islam (FUI). Aksi unjuk rasa itu sempat diwarnai keributan antara aparat kepolisian dengan para demonstran.

Aksi pengunjuk rasa dari Pandu Keadilan berlangsung tertib. Namun tetap membuat lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan tersendat.

Demonstrasi ini juga dilatarbelakangi oleh peredaran film Innocent of Muslims yang dianggap melecehkan dan menghina Nabi Muhammad SAW.

"Kami memiliki keyakinan, dan kami tidak rela kalian (Amerika) dengan seenaknya menghina Nabi dan agama kami," ujar seorang orator.

Berita terkait reaksi atas film ini dapat diikuti dalam topik: The Innocence of Muslims.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com