Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembong Narkoba Kolombia Dibekuk di Venezuela

Kompas.com - 19/09/2012, 11:24 WIB

BOGOTA, KOMPAS - Salah satu raja penyelundup narkoba Kolombia yang paling dicari Daniel Barrera alias Crazy Barrera tertangkap di Venezuela, Selasa (18/9/2012) waktu setempat.

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos mengatakan keberhasilan menangkap Barrera adalah hasil kerja sama pemerintah Venezuela serta dinas intelijen Inggris dan Amerika Serikat.

Barrera tertangkap ketika melintasi perbatasan Venezuela tepatnya di kota San Cristobal dalam sebuah operasi penangkapan yang dikendalikan dari Washington oleh seorang jenderal polisi Kolombia.

"Crazy Barrera, bisa jadi adalah penjahat yang paling dicari saat ini. Selama 20 tahun terakhir dia telah melakukan banyak kejahatan di Kolombia dan seluruh dunia. Dia melakukan semua jenis kejahatan dan menjalin persekutuan dengan pemberontak FARC," kata Presiden Santos.

Amerika Serikat menghargai kepala Barrera dengan hadiah 5 juta dolar. Sementara pemerintah Kolombia mematok hadiah 2,7 juta dolar Amerika bagi penangkapnya.

Kolombia adalah produsen kokain terbesar di dunia. Geng-geng kriminal yang terdiri dari kelompok paramiliter dan kartel obat bius menjadi ancaman serius bagi negeri berpenduduk 46 juta jiwa ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com