Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurnalis Italia: Film Anti-Islam Lukai Semua Agama

Kompas.com - 18/09/2012, 23:34 WIB

ROMA, KOMPAS.com--Film buatan AS yang anti-Islam melukai perasaan pengikut semua agama, kata seorang wartawati Italia, Senin (17/9).

Dalam satu wawancara eksklusif dengan IRNA --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa siang, Antonella Ricciardi mengatakan film semacam itu ditujukan untuk mengobarkan konflik agama.

Film tersebut, kata wartawati itu, menghujat Nabi Muhammad SAW dan membuat marah umat Muslim di seluruh dunia.

Saat merujuk kepada peran pemimpin agama dalam masyarakat yang berbeda di dunia, penulis Italia tersebut menyeru lembaga internasional agar memerangi ekstremisme dan membela kesucian agama.

Ia juga mengatakan pemerintah AS mesti bertanggung-jawab untuk melakukan tindakan hukum terhadap pembuat film anti-Islam tersebut.

Ia kemudian menggambarkan protes di seluruh dunia terhadap film anti-Islam itu sebagai reaksi yang beralasan.

Pada Senin, seorang tokoh agama di Pakistan mengutuk keras penayangan film anti-Islam buatan AS tersebut dan menyatakan perbuatan memalukan itu telah menambah besar kebencian umat Muslim terhadap rejim Zionis dan AS.

Dalam percakapan dengan IRNA, Wakil Kepala Jamiat Ulama-e-Islam Pusat Maulana Gul Naseeb Khan menyeru Organisasi Kerja Sama Islam (OIC) agar tampil dengan suara lantang dalam menentang film yang menghujat Nabi Muhammad SAW tersebut.

"OIC mesti mencerminkan perasaan umat Muslim, yang dilukai oleh film yang asusila itu," kata Naseeb Khan.(ANTARA/IRNA-OANA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com