Kompas.com - 18/09/2012, 16:25 WIB
EditorErvan Hardoko

KAMPALA, KOMPAS.com - Seorang produser drama asal Inggris, David Cecil, dibebaskan dengan jaminan di Uganda sehubungan dengan dakwaan atas drama tentang homoseksual.

Dia ditangkap Kamis pekan lalu dengan tuduhan melanggar ketertiban hukum karena drama yang diproduksinya ditampilkan tanpa persetujuan pemerintah.

Drama berjudul The River and the Mountain berkisah tentang seorang pengusaha gay yang dibunuh bawahannya dan bulan lalu sempat dipentaskan di dua teater di ibukota Uganda, Kampala.

Koran Daily Monitor melaporkan bahwa Dewan Media Uganda sudah memperingatkan kepada pihak produser agar drama itu tidak dipentaskan sebelum mendapat lampu hijau dari pihak berwenang.

Naskah The River and The Mountain disusun penulis Inggris, Beau Hopkins, namun disutradarai dan diperankan warga Uganda.

RUU antihomoseksual

Jika terbukti bersalah maka Cecil akan diganjar hukuman penjara selama dua tahun.

Dia dibebaskan dengan jaminan senilai US$200 dan diperintahkan menyerahkan paspor serta melaporkan diri ke pengadilan pada tanggal 18 Oktober.

Pengacaranya, John Francis Onyango, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa kliennya berada dalam kondisi kesehatan yang baik selama ditahan.

Perilaku homoseksual tergolong melanggar hukum di Uganda dan kaum gay sering mendapat serangan fisik maupun pengasingan sosial dari masyarakat umum.

Awal tahun ini parlemen Uganda mulai membahas RUU antihomoseksual yang akan memberlakukan hukuman mati bagi orang yang terbukti melakukan perilaku homoseksual.

RUU itu diusulkan pada tahun 2009 namun belum pernah dibahas parlemen dan para anggota parlemen yang mendukung RUU menyatakan bahwa pasal ancaman hukuman mati bagi pelaku homoseksual sudah dicabut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.