Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreditor Pesimistis Yunani Capai Target

Kompas.com - 18/09/2012, 02:16 WIB

BERLIN, SENIN - Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan ingin tetap melihat Yunani di zona euro. Namun, dia juga tidak menawarkan Athena konsesi baru dan menekankan bahwa Yunani harus melakukan reformasi seperti yang telah dijanjikan negara itu.

”Jerman siap membantu Yunani dan ingin agar Yunani sukses, tetapi penting bagi Yunani untuk melakukan reformasi meskipun sulit,” kata Merkel di Berlin, Senin (17/9). Merkel ditanya apakah Yunani akan diberikan waktu lagi untuk mengimplementasikan pemangkasan anggaran dan reformasi struktural.

Yunani sedang menantikan keputusan dan penilaian dari para kreditor apakah targetnya sudah terpenuhi sehingga akan mendapat dana talangan 31,5 miliar euro dalam waktu dekat ini. Dana ini merupakan paket dana talangan sebesar total 130 miliar euro.

Sementara itu, para kreditor internasional tidak yakin Yunani akan dapat mencapai tujuan finansialnya, khususnya terkait pengurangan beban utang. ”Hingga saat ini, kreditor sedang bekerja berdasarkan prinsip bahwa Yunani akan dapat mencapai level utang yang stabil pada tahun 2020. Tetapi, sebenarnya target ini tampaknya tidak dapat dicapai,” demikian ujar seorang sumber seperti dikutip harian Handelsblatt di Jerman. Kreditor Yunani adalah Dana Moneter Internasional (IMF), Uni Eropa, dan Bank Sentral Eropa (ECB).

Diperpanjang

Kreditor memperkirakan rasio utang Yunani akan mencapai 120,5 persen dari produk domestik brutonya tahun 2020. Tahun ini, rasio utang tersebut masih 161 persen. Rasio 120,5 persen itu hanya akan dapat dicapai jika Athena memperlihatkan surplus sebesar 4,5 persen dari PDB pada tahun 2014.

Menteri Keuangan Austria Maria Fekter mengatakan, Yunani akan mendapatkan tambahan waktu untuk memenuhi targetnya, tetapi tidak akan mendapatkan dana talangan tambahan.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyatakan, perlu dipertimbangkan untuk memberi Yunani perpanjangan waktu lagi guna memenuhi persyaratan mendapatkan dana talangan seperti yang diminta kreditor.

Para kreditor itu diharapkan akan menyampaikan keputusan final pada pertengahan Oktober mendatang. (AFP/AP/JOE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com