Kompas.com - 17/09/2012, 16:57 WIB
EditorKistyarini

JENEWA, KOMPAS.com - Semakin banyak "elemen asing", termasuk kaum jihadis, beroperasi di Suriah, kata panel independen PBB, Senin (17/9/2012), dalam laporan pertamanya tentang konflik di Suriah. Komisi itu juga mengatakan, "teroris" luar Suriah menyebabkan perang saudara itu tidak lagi terkendali.

Dalam laporan pada Dewan Keamanan PBB itu, komisi penyelidikan bentukan Dewan HAM PBB itu mengatakan beberapa kekuatan asing bergabung dengan kelompok-kelompok antipemerintah, sementara sejumlah lainnya beroperasi sendirian.

"Elemen-elemen tersebut cendrung mendorong para petempur antipmerintah ke posisi yang lebih radikal," kata Paulo Sergio Pinheiro, diplomat dan profesor asal Brasil yang mengetuai komisi penyelidikan itu.

Pinheiro menyebut orang-orang asing itu sebagai "teroris", meskipun dalam laporan tertulisnya tidak ada kata tersebut.

Para aktivis menyebut sedikitnya 23.000 orang tewas selama konflik di Suriah yang telah berlangsung 18 bulan itu.

Komisi itu menuduh aparat pemerintah dan milisi pro-rezim shabiha melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, termasuk pembunuhan, eksekusi, penyiksaan, pengadilan tidak semena-mena, kekerasan seksual, dan penganiayaan terhadap anak-anak.

Meskipun demikian, kelompok antipemerintah juga tidak luput dari tudingan komisi tersebut. Pasukan-pasukan pemberontak juga dituduh melakukan kejahatan perang, termasuk pembunuhan, eksekusi di luar pengadilan, serta penyiksaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pinheiro mengatakan kondisi hak asasi manusia di negara itu "memburuk hingga pada tingkat yang sulit digambarkan dalam beberapa kata. Pelanggaran HAM yang mengerikan terus meningkat dalam jumlah, kecepatan, dan bobot."

Dikatakannya, frekuensi "pelanggaran (HAM) yang mengerikan" sangat besar sehingga timnya tidak mampu lagi menyelidiki semuanya.

"Rakyat sipil, banyak di antaranya anak-anak" menghadapi dampak terburuk kekerasan yang meningkat," terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.