Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa FPI Shalat Ashar di Depan Kedubes AS

Kompas.com - 17/09/2012, 16:35 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ribuan orang dari Gerakan Reformis Islam, Gerakan Pembela Islam, dan Front Pembela Islam (FPI) terhenti sementara. Para pengunjuk rasa menghentikan aksinya untuk menunaikan shalat Ashar.

Sebelumnya, orator demonstrasi mengumandangkan adzan dan mengingatkan pada ribuan orang tersebut untuk melakukan kewajiban shalat lima waktu. Para pengunjuk rasa pun mulai membentuk saf di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Aksi ribuan orang itu dipicu oleh film berdurasi dua jam yang diberi judul Innocence of Muslims. Film besutan Sam Bacile ini dianggap melecehkan Nabi Muhammad SAW. Para pengunjuk rasa menuntut agar pembuat film ini dihukum mati.

Sebelumnya, para pengunjuk rasa tersebut melakukan long march dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Kedutaan Besar Amerika Serikat. Pada Jumat (14/9/2012) lalu, massa dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) juga melakukan aksi serupa dengan tuntutan yang senada.

Aksi protes umat muslim juga terjadi di berbagai belahan dunia mengingat film ini awalnya muncul di Youtube. Saat ini, Sam Bacile sudah diamankan oleh Kepolisian Amerika Serikat dan tengah diperiksa. Namun pemeriksaan ini tidak terkait masalah film tersebut, melainkan terkait kejahatan lain, yaitu kepemilikan narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com