Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Somalia Dipindahkan ke Tempat Aman

Kompas.com - 14/09/2012, 11:19 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

MOGADISHU, KOMPAS.com - Presiden Somalia Hassan Skeihk Mohamud yang baru saja terpilih akhirnya dipindahkan ke lokasi aman, Jumat (14/9/2012) menyusul aksi pembunuhan yang diarahkan kepadanya.

Pada Rabu lalu, serangan hotal yang diklaim dilakukan kelompok militan ke sebuah hotel tempat Presiden Mohamud berdiskusi dengan rombongan dari Kenya.

Presiden Mohamud tetapi tiga prajurit, dua asal Somalia dan satu pasukan Misi Uni Afrika (AMISOM) tewas akibat ledakan bom.

"Presiden kami pindahkan ke Villa Somalia, kompleks dengan pengamanan maksimum yang juga lokasi sejumlah kantor pemerintah," kata juru bicara AMISOM, Kolonel Ali Houmed.

Rencana pembunuhan Mohamud itu dikecam keras Amerika Serikat. Penyebabnya, AS yakin terpilihnya Mohamud bisa menjadi momentum menciptakan perdamaian di Somalia.

"AS mengutuk upaya pembunuhan itu dan menyerukan seluruh warga Somalia agar tidak mendukung aksi serangan itu," kata juru bicara Departemen Urusan Afrika Kemenlu AS, Hilary Renner.

Setelah sekitar dua dekade dicengkeram perang, perdamaian mulai sedikit demi sedikit tercipta di ibukota Mogadishu, terutama sejak pasukan Uni Afrika berhasil memukul mundur militan Al-Shabab.

Namun, Al-Shabab masih menguasai banyak wilayah di luar ibukota dan bersumpah untuk membalas dengan menyerang fasilitas asing dan pemerintah di negeri itu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com