Kompas.com - 14/09/2012, 08:07 WIB
|
EditorErvan Hardoko

TRIPOLI, KOMPAS.com — Pemerintah Libya sudah menahan empat orang terkait penyerangan Konsulat AS di Benghazi yang menewaskan Duta Besar J Christopher Stevens, Jumat (14/9/2012).

Perdana Menteri Libya Mustafa Abu Shagur mengatakan, aparat keamanan negerinya telah membuat kemajuan besar dalam pengejaran para tersangka yang mengakibatkan kematian dubes dan tiga orang stafnya itu.

Dua korban tewas lain bersama Dubes Stevens diidentifikasi sebagai petugas informasi Sean Smith dan anggota satuan keamanan Glen Doherty.

"Kami sudah mendapatkan sejumlah nama dan foto. Penahanan sudah dilakukan dan saat saya berbicara ini, pengejaran atas tersangka lain sedang dilakukan," kata Abu Shagur.

"Masyarakat kami tidak memahami bahwa dalam kasus seperti ini, Pemerintah Amerika Serikat sama sekali tidak terlibat," tambah Abu Shagur.

"Seseorang membuat film dan kemudian seseorang lainnya mengunggahnya di YouTube. Film itu sangat ofensif, tapi bukan alasan untuk menyerang warga Amerika atau Kedubes Amerika," tegasnya.

"Warga bisa berunjuk rasa dan menyampaikan opini mereka dengan damai," tandas Abu Shagur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyusul serangan berdarah itu, sebagian warga Libya di Tripoli dan Benghazi melakukan unjuk rasa damai menolak aksi kekerasan.

Sementara itu, Wakil Menteri Dalam Negeri Libya Wanis al-Sharif kepada wartawan mengatakan, para tersangka ditahan di kediaman mereka, tetapi tak memberikan rincian lebih lanjut.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.