Kompas.com - 14/09/2012, 07:34 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham Wall Street melonjak pada Kamis (13/9/2012) waktu setempat ,(Jumat pagi WIB), setelah Federal Reserve mengumumkan program quantitative easing tahap 3, dengan fokus untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan membangkitkan kembali pasar perumahan.
    
Setelah perdagangan datar sebelum pengumuman Fed, Dow Jones Industrial Average berakhir naik 206,51 poin (1,55 persen) pada 13.539,86.

Indeks saham S&P 500 bertambah 23,43 poin (1,63 persen) menjadi 1.459,99, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 41,52 poin (1,33 persen) menjadi 3.155,83.

Federal Reserve mengumumkan sebuah program baru pembelian 40 miliar dolar AS obligasi berbasis mortgage (hipotek) bertujuan menyeret turun  suku bunga jangka panjang.

The Fed juga berjanji untuk mempertahankan tingkat suku bunga  acuan sangat rendah sampai pertengahan 2015, dan mengatakan akan melanjutkan upaya pelonggaran moneter sampai  terlihat peningkatan substansial di pasar pekerjaan.

"Terlepas dari kenyataan bahwa tambahan pelonggaran Fed sebagian besar dimasukkan ke harga aset keuangan baru-baru ini, pasar menyambut gembira berita tersebut," kata Paul Edelstein, seorang ekonom di IHS Global Insight.

Sektor perbankan mendapatkan manfaat terbesar dari program ini. Bank of America naik 4,8 persen dan JPMorgan Chase naik 3,7 persen, Citigroup naik 4,2 persen dan Wells Fargo naik 3,6 persen.

Saham perumahan juga mengalami lompatan besar, dengan pengembang Hovnanian naik 3,3 persen, Comstock naik 6,2 persen, Lennar naik 1,7 persen dan Standard Pacific naik 3,7 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diikuti saham pertambangan, emas dan mineral, dengan Freeport McMoran melompat 4,3 persen, Newmont Mining naik 5,2 persen dan Barrick Gold naik 4,8 persen.

Sementara itu saham Apple terdorong naik 2,0 persen ke harga penutupan tertinggi 682,98 dollar AS, setelah meluncurkan iPhone 5.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.