Kompas.com - 13/09/2012, 08:11 WIB
EditorErvan Hardoko

KABUL, KOMPAS.com — Afganistan memblokir akses ke situs berbagi video YouTube, Rabu (12/9/2012), untuk mencegah warganya menonton film yang menghina Nabi Muhammad itu.

Film ini memicu protes di Afrika Utara yang menewaskan duta besar Amerika Serikat untuk Libya, John Christopher Stevens, di Benghazi.

Kantor Kedutaan AS di Kairo, Mesir, juga diserang akibat film tersebut.

"Kami diminta memblokir YouTube sampai video tersebut diambil. Operator internet telah menutup akses ke YouTube," kata Aimal Marjan, Direktur Teknologi Informasi dan Kementerian Komunikasi Afganistan.

Presiden Afganistan Hamid Karzai mengecam keras film tentang Nabi Muhammad yang berjudul Innocence of Muslims tersebut dan mendesak agar film ini tidak diputar.

Promosi Pastor Terry

Menurut Presiden Karzai, kebebasan berpendapat tidak membenarkan tindakan menghina Islam.

Wall Street Journal memberitakan film Innocence of Muslims dibuat sutradara AS keturunan Israel dan menggambarkan Islam sebagai "kanker".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pastor Amerika, Terry Jones, yang memicu protes keras di Afganistan setelah menyatakan akan membakar Al Quran, mengatakan akan mempromosikan film tersebut.

Ribuan orang turun ke jalan-jalan di Afganistan selama beberapa pekan untuk memprotes pembakaran Al Quran yang tidak disengaja di dekat pangkalan AS di Kabul pada Februari lalu.

Puluhan orang tewas dalam aksi demonstrasi ini.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.