Kompas.com - 13/09/2012, 07:33 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Wall Street mengikuti pasar saham Eropa lebih tinggi pada Rabu (12/9/2012) waktu setempat, (Kamis pagi WIB), setelah pengadilan Jerman memberikan persetujuan terhadap dana krisis permanen zona euro, membuka pintu bantuan lebih banyak ke Spanyol yang sedang keulitan.

Sementara saham Facebook melonjak lebih dari tujuh persen, setelah pendirinya Mark Zuckerberg mengatakan, perusahaan itu berfokus pada pembuatan uang di sisi pasar telepon seluler dan menyesali kinerja suram sahamnya pasca-IPO.

Teknologi kelas berat Apple mengangkat Nasdaq, setelah peluncuran smartphone (telepon pintar) generasi berikutnya yang sangat
diantisipasi, iPhone 5.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik tipis 9,99 poin (0,07 persen) menjadi ditutup pada 13.334,05. Indeks saham S & P 500 naik 3,00 poin (0,21 persen) menjadi 1.436,56, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq menambahkan 9,78 poin (0,32 persen) pada 3.114,31.

"Tidak diragukan lagi, itu adalah hari yang baik untuk pasar zona euro dan keuangan," kata ekonom Andreas Rees di Unicredit setelah mahkamah konstitusi Jerman mengatakan Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM) yang baru adalah legal.

"Bersama dengan janji minggu lalu yang dibuat oleh ECB, membeli obligasi pemerintah ke tingkat tak terbatas, sebuah firewall yang mengesankan untuk zona euro sedang dibangun sekarang," katanya.

Apple melambung 1,4 persen lebih tinggi, menjadi 669,79 dollar AS, karena pengenalan versi lebih langsing iPhone terbaru. Saham Facebook rebound 7,7 persen menjadi 20,93 dollar AS, masih jauh di bawah 38 dollar AS harga penawaran umum perdana mereka, setelah Zuckerberg membuat komentar pertama tentang  arah perusahaan sejak IPO, menyebut Facebook "sebuah perusahaan mobile."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Analis telah menyatakan khawatir bahwa Facebook tidak dapat menguangkan kehadirannya pada layar ponsel dengan iklan. "Ini benar-benar jelas dari statistik dan intuisi pribadi saya bahwa banyak energi dalam ekosistem sedang menuju ke mobile (perangkat bergerak), bukan desktop," kata Zuckerberg di San Francisco.

"Itu adalah masa depan," katanya. "Kami akan melakukan berbagai hal."

Boeing turun 0,4 persen setelah rivalnya di Eropa EADS dan BAE Systems mengungkapkan pembicaraan merger.

Chesapeake Energy yang bermasalah turun 1,0 persen setelah mengumumkan akan menjual 6,9 miliar dollar AS aset-aset energi di Texas dan New Mexico untuk membantu membayar utang.

AIG naik 1,1 persen setelah Departemen Keuangan AS menjual 20,7 miliar dollar AS sahamnya di perusahaan asuransi itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.