Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eropa Sementara Lega

Kompas.com - 13/09/2012, 02:17 WIB

Berlin, Rabu - Sejumlah pihak menyambut dengan lega keputusan Mahkamah Konstitusi Jerman tentang Mekanisme Stabilitas Eropa atau ESM, Rabu (12/9), yang dinyatakan tidak bertentangan dengan konstitusi Jerman. Dengan demikian, ESM dapat segera diratifikasi Jerman.

ESM merupakan kumpulan dana talangan permanen untuk zona euro agar dapat terlepas dari krisis. Rencananya, dana ini sebesar 500 miliar euro, yang didapatkan dari sumbangan negara-negara di zona euro.

”Hari ini, sekali lagi Jerman memberikan sinyal kuat kepada Eropa dan seluruh dunia bahwa Jerman dengan mempertimbangkan kewajibannya sebagai negara dengan perekonomian terbesar telah menunjukkan tanggung jawabnya. Jerman juga merupakan mitra yang dapat dipercaya di Eropa,” ujar Kanselir Jerman Angela Merkel di hadapan parlemen di Berlin, beberapa jam setelah keputusan pengadilan itu keluar.

Tanggapan positif juga disampaikan Perdana Menteri Italia Mario Monti. ”Ini merupakan berita yang sangat bagus karena menghilangkan hambatan terakhir dalam upaya mengimplementasikan ESM dan traktat fiskal,” katanya.

Terganjal Jerman

Sedianya, ESM mulai menggantikan dana talangan sebelumnya, Fasilitas Stabilitas Finansial Eropa (EFSF), per 1 Juli. Namun, implementasi itu terhambat karena ada anggota parlemen Jerman yang mengajukan ESM ke pengadilan dengan kekhawatiran melanggar undang-undang Jerman.

ESM tidak dapat efektif tanpa ada persetujuan Jerman yang merupakan kontributor terbesar. Jerman harus berkontribusi sebesar 27 persen atau sekitar 190 miliar euro dari seluruh program dana talangan Eropa yang sebesar 700 miliar euro, gabungan dari ESM dan sisa dana di EFSF.

Pasar saham di Eropa juga melaju setelah keluar keputusan pengadilan ini. Di pasar finansial, indeks DAX menguat 0,82 persen menjadi 7.370,25, CAC Paris naik 0,72 persen menjadi 3.562,83, dan FTSE London naik 0,28 persen menjadi 5.807,95. Madrid naik 1 persen dan Milan naik 0,96 persen. Kurs euro menguat dan diperdagangkan pada 1,29 euro per dollar AS untuk pertama kalinya dalam empat bulan terakhir. Imbal hasil obligasi Spanyol dan Italia terus menurun.

Kelegaan senada juga disampaikan oleh Menteri Keuangan Spanyol Luis de Guindos. Spanyol dan Italia berada di urutan terdepan negara yang mungkin akan meminta dana talangan.

Jean-Claude Juncker yang memimpin pertemuan 17 menteri keuangan negara zona euro berencana mengunjungi Jerman pada 8 Oktober mendatang.

Di Strasbourg, Perancis, para petinggi Uni Eropa menyerukan agar ada kontrol perbankan bersama di kawasan. Proposal ini mengusulkan agar Bank Sentral Eropa menjadi pengawas tunggal untuk 6.000 bank di negara yang menggunakan mata uang tunggal bersama.

(AP/AFP/Reuters/joe) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com