Kompas.com - 12/09/2012, 21:26 WIB
Penulis Diah Marsidi
|
EditorRobert Adhi Ksp

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Meksiko mengekstradisi salah seorang pendiri kartel narkoba Zetas ke Amerika Serikat, Selasa (12/9/2012). Dia diduga terlibat pembunuhan seorang petugas Imigrasi dan Bea Cukai AS.

Jesus Enrique Rejon Aguilar ditangkap pada Juli 2011 setelah dicari dalam operasi terkait upaya pembunuhan dua petugas Imigrasi dan Bea Cukai AS dan salah seorang di antaranya tewas.

Kantor Kejaksaan Agung Meksiko mengumumkan, Rejon diserahkan kepada otoritas keamanan AS di Washington untuk menghadapi dakwaan perdagangan narkoba.

Namun, Kejaksaan Agung tidak menyebutkan kasus pembunuhan pada Februari 2011 itu dalam pernyataan mengenai ekstradisi. Penembakan kedua agen imigrasi dan bea cukai itu menimbulkan kemarahan di AS dan menyebabkan saling tuding antara politisi Meksiko dan AS mengenai kegagalan mengatasi kekerasan yang berhubungan dengan narkoba.

Rejon disebutkan sebagai orang nomor tiga dalam komando Zetas, geng paling brutal di Meksiko. Zetas selama lebih dari sepuluh tahun menjadi organisasi perdagangan narkoba setelah sebelumnya menjadi petugas keamanan kartel Teluk. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.