Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berharap Stimulus, Wall Street Menguat

Kompas.com - 12/09/2012, 07:31 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebagian besar saham di Wall Street naik pada Selasa (11/9/2012) waktu setempat, (Rabu pagi WIB), terangkat data ekonomi positif dan harapan bahwa pertemuan Federal Reserve akan memberikan stimulus ekonomi serta keputusan penting pengadilan Jerman akan mengurangi gejolak zona euro.

Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir pada 13.323,36, naik 69,07 poin (0,52 persen). Indeks saham S&P 500 naik 4,48 poin (0,31 persen) menjadi 1.433,56, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq hanya naik tipis 0,51 poin (0,02 persen) menjadi 3.104,53.
    
"Pedagang mendapat kabar baik dari sisi ekonomi domestik, karena defisit perdagangan datang lebih kecil dari yang diperkirakan, sementara usaha kecil optimis meningkat pada Agustus," kata analis Charles Schwab & Co.

"Namun, sentimen dikendalikan oleh antisipasi putusan penting Jerman besok tentang dana talangan (bailout) zona euro permanen dan keputusan kebijakan moneter pada Kamis," tambahnya.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) the Fed membuka pertemuan dua hari pada Rabu, di tengah harapan pihaknya akan mengambil beberapa tindakan segar untuk membantu perekonomian.

Sementara Citigroup dan Morgan Stanley meluncurkan sebuah kesepakatan untuk Morgan Stanley membeli 14 persen saham Citi dalam usaha patungan broker mereka, Morgan Stanley Smith Barney Holdings, senilai 13,5 miliar dollar AS.

Citigroup dalam sebuah laporannya kepada regulator mengatakan, pihaknya akan mengambil biaya  setelah pajak kuartal ketiga sebesar 2,9 miliar dollar AS pada kesepakatan itu, saham Citi melonjak 2,6 persen. Adapun Morgan Stanley naik 3,9 persen.

Pada 30-saham Dow, Bank of America memimpin pencetak keuntungan, naik kuat 5,2 persen dan raksasa asuransi Travelers Companies melonjak 2,5 persen.

Sementara Kraft Foods menjadi pencetak penurunan terbesar dalam kelompok saham unggulan (blue-chip), dengan  jatuh 1,1 persen. Apple, yang jatuh 2,6 persen sangat membebani pasar pada Senin, tergelincir 0,3 persen menjelang pengumuman iPhone populer generasi berikutnya pada Rabu.

McDonald turun 0,1 persen, membalikkan keuntungan sebelumnya, setelah melaporkan kenaikan penjualan global  3,7 persen pada Agustus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com