Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Eropa Terus Tekan Perdagangan AS

Kompas.com - 12/09/2012, 02:38 WIB

WASHINGTON, SELASA - Krisis berkepanjangan di Eropa terus menggerus perdagangan Amerika Serikat. Defisit perdagangan AS naik sedikit pada Juli. Pertambahan defisit ini terjadi seiring penurunan ekspor ke Jerman, Perancis, dan negara Eropa lainnya. Selain itu, impor dari China juga mencapai rekor baru.

Demikian data perdagangan yang dikeluarkan Departemen Perdagangan AS di Washington, Selasa (11/9).

Defisit perdagangan bulanan meningkat tipis sebesar 42 miliar dollar AS dibandingkan dengan Juni yang sebesar 41,9 miliar dollar AS.

Para analis yang disurvei sebelum laporan ini keluar memperkirakan defisit yang terjadi lebih besar lagi, sekitar 44 miliar dollar AS.

Penurunan ekspor ke Eropa terkait erat dengan persoalan utang yang tidak kunjung selesai di Eropa. Ekspor AS ke 27 negara yang tergabung dalam Uni Eropa (UE) turun 11,7 persen pada Juli. Adapun ekspor ke Jerman mencapai titik terendah sejak Februari 2010. Defisit perdagangan AS dengan UE bulan Juli merupakan yang terbesar sejak Oktober 2007.

Namun, total ekspor AS masih mencapai 183,3 miliar dollar AS, turun hanya 1 persen dari rekor tertinggi Juni lalu. Selain itu, ekspor AS berupa makanan, pakan ternak, dan minuman dibantu oleh kenaikan harga biji-bijian yang melonjak.

Secara keseluruhan, impor AS turun 0,8 persen menjadi 225,3 miliar dollar AS. Penurunan harga minyak dunia membantu memangkas angka impor tersebut. Impor minyak dan perlengkapan industri lainnya berada pada titik terendah sejak akhir 2010.

Sementara itu, impor dari China justru mencapai rekor tertinggi hingga 37,9 miliar dollar AS. Kenaikan inilah yang menyebabkan defisit perdagangan AS dengan China mencapai rekor sebesar 29,4 miliar dollar AS.

Ekspor AS ke China yang telah menjadi salah satu pasar besar bagi produk AS hanya naik 0,4 persen pada Juli menjadi 8,6 miliar dollar AS.

Jangan abaikan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com