Kompas.com - 11/09/2012, 21:07 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kondisi kemanusiaan di Suriah makin memburuk. Catatan lembaga itu menunjukkan, kini, ada 550.000 orang di Homs membutuhkan banyak bantuan. "Kondisi bisa makin mengenaskan lantaran musim dingin akan segera tiba," imbuh Juru Bicara WHO Tarik Jasarevic di Geneva pada Selasa (11/9/2012).

Jasarevic memetakan di Homs terjadi kekurangan petugas medis. Banyak dokter meninggalkan Homs. "Sekarang hanya ada tiga dokter bedah di Provinsi Homs," kata Jasarevic.

Tak cuma itu, fasilitas kesehatan kebanyakan cuma dijaga satu orang relawan. "Mereka bahkan tidak pernah mengikuti pelatihan kesehatan," kata Jasarevic lagi.

Rumah sakit terbesar di Homs sudah rata dengan tanah. Kini, hanya tinggal enam dari 12 rumah sakit kecil di Homs yang masih berfungsi. "Yang memprihatinkan, pusat-pusat pelayanan kesehatan kekurangan obat dan peralatan dasar," tutur Jasarevic.

WHO, sebagaimana warta AP dan AFP,  mengaku mendapat banyak kesulitan dalam menyalurkan bantuan kesehatan. Program vaksinasi pun terhambat perkara perang.

Sementara, menurut data dari Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi (UNHCR), sampai dengan 10 September 2012, jumlah warga Suriah yang meninggalkan negaranya mencapai 253.106 orang. Di Irak, Jordania, dan Lebanon, WHO bekerja sama dengan otoritas kesehatan lokal membantu para pengungsi dengan segala keterbatasannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.