Kompas.com - 11/09/2012, 14:43 WIB
|
EditorRusdi Amral

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Harga daging sapi di Bandar Lampung bertahan tinggi pasca-Lebaran. Hal ini dipengaruhi oleh pengetatan impor sapi. Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional di Bandar Lampung, Selasa (11/9/2012) harga daging sapi saat ini mencapai Rp 75.000 - 80.000 per kg. Pada periode yang sama tahun lalu, harga daging sapi masih berada di kisaran Rp 60.000 - Rp 65.000 per kg.

"Harga daging dari PT (perusahaan penggemukan sapi) dan dari penjual (sapi lokal) sudah tinggi, sejak sebelum Lebaran," ujar Effendi (48), pedagang daging di Pasar Smep, Bandar Lampung. Saat Lebaran, harga daging sapi sempat meroket hingga mencapai Rp 100.000 - Rp 110.000 per kg.

Tingginya harga daging ini dikeluhkan pembeli, khususnya pedagang bakso. Apalagi, Lampung selama ini dikenal sebagai lumbung daging sapi. "Setelah Lebaran, harga turun sedikit. Ya, akibatnya keuntungan (penjualan bakso) semakin menipis," tutur Eni Muslihah (30), pengusaha kecil bakso.

Tingginya harga daging sapi ini ditengarai terbatasnya stok daging menyusul pengetatan kebijakan impor sapi bakalan dan daging selama setahun terakhir.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.