Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhan AS Kritik Buku Navy Seal

Kompas.com - 11/09/2012, 14:23 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengkritik mantan anggota Navy SEAL yang menulis soal penggrebekan yang menewaskan Osama bin Laden.

Panetta mengatakan sang penulis tidak pernah mengirimkan bukunya ke Pentagon untuk dicek sebelum dicetak.

"Faktanya adalah dia menerbitkannya tanpa mengirimkan ke Pentagon sehingga kami bisa memeriksanya terlebih dulu," kata Panetta kepada program televisi CBS This Morning, Selasa (11/9/2012).

"Sebagai menteri, saya tak bisa mengizinkan seorang anggota SEAL melakukan sebuah operasi dan kemudian keluar begitu saja menulis buku dan menerbitkannya atau menjualnya ke New York Times," ujar Panetta yang pada saat penyerbuan Osama bin Laden masih menjabat Direktus CIA itu.

"Bagaimana mungkin pemerintah bisa menjalankan sebuah operasi sensitif seperti mengejar musuh jika orang dibiarkan melakukan ini (menulis buku)," tegasnya.

Buku berjudul 'No Easy Day' menceritakan kisah pasukan elit AS Navy SEAL Tim Enam yang tahun lalu menyerbu persembunyian Osama bin Laden di Pakistan.

Penyerbuan itu berakhir dengan kematian pemimpin Al Qaeda sekaligus buronan nomor satu Amerika Serikat itu.

Pengarang buku, Mark Bissonette alias Mark Owen telah membantah bahwa bukunya mengandung informasi yang bisa membahayakan keamanan negara.

Namun, Kementerian Pertahanan AS menyatakan buku itu mengandung informasi rahasia dan tengah mempertimbangkan langkah hukum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com