Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Kembali Membuat Khawatir Pasar Global

Kompas.com - 11/09/2012, 08:54 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasar global kembali khawatir terkait masalah yang dihadapi Yunani. Pemerintah koalisi negara itu tidak mencapai kesepakatan untuk memutuskan besarnya pengetatan anggaran.

Sebelumnya, Perdana Menteri Samaras menjanjikan akan mengurangi defisit anggaran sebesar 11,5 miliar euro dalam dua tahun, 2013 dan 2014, untuk memuluskan pencairan dana talangan berikutnya.

Kendati isu Yunani telah berlangsung dalam dua tahun terakhir ini, tetap saja sentimen investor masih terpengaruh. "Isu Yunani dan solusi krisis utang di Uni Eropa masih akan terus menjadi kekhawatiran investor," kata ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, Selasa (11/9/2012) di Jakarta.

Indeks FTSE 100 melemah 0,03 persen, semalam. Indeks DAX turun tipis 0,01 persen, dan Indeks CAC 40 melempem 0,37 persen. Namun, menurut Lana, dalam jangka pendek, spekulasi terhadap kemungkinan keputusan The Fed untuk memberi stimulus baru (quantitative easing 3) pada pertemuan 12-13 September akan mengurangi sentimen negatif tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com