Kompas.com - 10/09/2012, 16:44 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Momentum kemanusiaan akhirnya terwujud juga. Pihak Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) atawa yang dikenal sebagai Korea Utara (Korut) menerima penawaran tetangganya di Selatan, Korea Selatan (Korsel), untuk pengiriman bantuan kemanusiaan. Menurut Yonhap pada Senin (10/9/2012), pemberian bantuan itu terkait dengan banjir yang melanda Korut beberapa waktu lalu.

Tercatat, kemudian, banjir tersebut menelan korban jiwa 169 orang. Kemudian, ada 400 orang yang hilang. Sementara, 65.280 hektare lahan terendam air bah.

Selama dua tahun ke belakang, selain banjir, bencana kekeringan dan angin topan juga menimpa Korut. Korban pun banyak berjatuhan.

Sebelumnya, Korsel memang acap menawarkan bantuan kemanusiaan bagi Korut. Tapi, Korut pula yang acap menampik uluran tangan kemanusiaan itu secara tak langsung. Makanya, organisasi semacam Palang Merah Internasional menjadi penengah. 

Bantuan kemanusiaan kali ini pun tak luput dari peran Palang Merah Internasional. Pada realisasinya nanti, pihak Palang Merah Internasional akan menyalurkan melalui perbatasan Panmunjom.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.