Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Akhirnya Terima Bantuan Korsel

Kompas.com - 10/09/2012, 16:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Momentum kemanusiaan akhirnya terwujud juga. Pihak Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) atawa yang dikenal sebagai Korea Utara (Korut) menerima penawaran tetangganya di Selatan, Korea Selatan (Korsel), untuk pengiriman bantuan kemanusiaan. Menurut Yonhap pada Senin (10/9/2012), pemberian bantuan itu terkait dengan banjir yang melanda Korut beberapa waktu lalu.

Tercatat, kemudian, banjir tersebut menelan korban jiwa 169 orang. Kemudian, ada 400 orang yang hilang. Sementara, 65.280 hektare lahan terendam air bah.

Selama dua tahun ke belakang, selain banjir, bencana kekeringan dan angin topan juga menimpa Korut. Korban pun banyak berjatuhan.

Sebelumnya, Korsel memang acap menawarkan bantuan kemanusiaan bagi Korut. Tapi, Korut pula yang acap menampik uluran tangan kemanusiaan itu secara tak langsung. Makanya, organisasi semacam Palang Merah Internasional menjadi penengah. 

Bantuan kemanusiaan kali ini pun tak luput dari peran Palang Merah Internasional. Pada realisasinya nanti, pihak Palang Merah Internasional akan menyalurkan melalui perbatasan Panmunjom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com