Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Perkenalkan Pawang Geni di Jakarta

Kompas.com - 09/09/2012, 16:46 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mengatasi kebakaran yang sering terjadi di Jakarta, Joko Widodo memperkenalkan alat pemadam kebakaran karya warga Solo. Alat pemadam kebakaran awal yang bisa dipindah-pindah itu lebih dikenal dengan pawang geni.

"Jadi pawang geni ini alat yang tepat guna. Kalau pemadam kebakaran kan besar-besar, kalau bergerak di Jakarta dari satu tempat ke tempat lain pasti dicegat macet. Begitu juga sepeda motor, apinya terlanjur gede, rumahnya hilang," kata Wali Kota Solo yang kini menjadi calon gubernur DKI Jakarta tersebut.

Peluncuran alat ringkas pemadam kebakaran itu dilakukan di Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu (9/9/2012) sore. Jokowi mengatakan, alat ini dapat memudahkan masyarakat jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Pawang geni bisa menjadi alat bantu pertama jika terjadi kebakaran.

"Kalau ada kebakaran, ini pertolongan pertama kebakaran, sehingga ditaruh di tempat rawan kebakaran. Yang mengoperasikan masyarakat," kata Jokowi.

Selain itu, kata Jokowi, perawatan pawang geni pun mudah dan tidak membutuhkan biaya besar. Untuk sekarang, pawang geni baru dipakai sebagai percobaan dan dititipkan kepada masyarakat. Harganya per unitnya Rp 10,3 juta. "Kalau motor itu kan Rp 30 juta, tapi kan dihargainya Rp 260 juta. Nah, beli pawang geni bisa dapat 26 unit," ujar Jokowi. Harga sepeda motor atau fire motor dan alat pendukungnya senilai Rp 260 juta per unit itu digunakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta dan pernah dicoba oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Penemu pawang geni, Sri Utomo, mengatakan, produk pawang geni yang ada saat ini merupakan alat induk. Akan ada aksesorinya dalam satu unit. Aksesori itu berupa cadangan air drum dan ada rodanya sehingga warga dapat memiliki tangki cadangan air. Utomo mengatakan, setiap tangki berisi 200 liter air sehingga satu unit pawang geni sudah bisa menyediakan 400 liter air. Jumlah air tersebut dianggap sudah lebih dari cukup untuk menangani kebakaran pada awal kejadian.

Kelebihan lain dari pawang geni adalah ukurannya yang lebih kecil dan lebih simpel. Pawang geni memiliki lebar 80 cm, panjang 130, dan tinggi 130 cm. Ukuran ini bisa masuk ke gang-gang sempit, seperti di pemukiman ramai penduduk. Alat ini minimal dapat dioperasikan oleh 3 orang. Sampai saat ini, pawang geni baru dititipkan di daerah Manggarai. Alat ini terdiri dari dua bentuk, pompa dan diesel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com