Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Akhirnya Mengguyur Jambi

Kompas.com - 08/09/2012, 18:42 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com - Setelah tim Teknologi Modifikasi Cuaca dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi menyemai hujan buatan pada ketinggian 7.000 hingga 11.000 kaki, hujan akhirnya mengguyur Jambi, Sabtu (8/9/2012) sore. Penyemaian hujan buatan masih akan terus berlangsung hingga kebakaran lahan dan kabut asap di wilayah Jambi terkendali.

Penyemaian hujan buatan kedua di atas langit Kabupaten Tanjung Jabung Timur, pada Sabtu ini berlangsung pukul 13.00 hingga 14.00. Sekitar pukul 14.30, tim memperoleh sinyal akan munculnya hujan. Benar saja, hujan mengguyur Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan sekitar Tanjung Jabung Timur dan Barat pada pukul 15.30, setelah sebelumnya wilayah ini diselimuti mendung.

Koordinator Tim Modifikasi Cuaca (TMC) dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) untuk Provinsi Jambi, Djazim Syaifullah mengatakan, turunnya hujan menandakan penggaraman di atas awan cumulus telah sukses mengubah fase gas menjadi fase cair pada awan tersebut. "Penyemaian ini untuk menstimulus turunnya hujan," ujar Djazim.

Upaya hujan buatan masih akan berlangsung hingga 28 hari ke depan. Tujuannya untuk memadamkan kebakaran lahan dan mengendalikan kabut asap yang begitu pekat di wilayah Jambi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com